BNR 10RB/BLN

Program Affiliate Indowebmaker Berkah Herbal Banner 9 Program Affiliate Indowebmaker Berkah Herbal Banner 9 Program Affiliate Indowebmaker Berkah Herbal Banner 9 Berkah Herbal Banner 9 Program Affiliate Indowebmaker Berkah Herbal Banner 9 Program Affiliate Indowebmaker Berkah Herbal Banner 9

facebook

Potensi Pasar Facebook

Jejaring sosial Facebook menjadi sebuah fenomena dalam teknologi komunikasi internet yang berkembang dengan sangat pesat. Hingga kini, jumlah pengguna Facebook di seluruh dunia mencapai 150 juta pengguna, hampir 75 % penduduk Indonesia. Sedangkan di Indonesia sendiri, per 5 April 2010, jumlah pengguna Facebook di Indonesia mencapai 21,5 juta akun. Padahal akhir 2008 lalu, jumlahnya masih 1,5 juta akun. Ini berarti dalam 15 bulan, jumlah pengguna Facebook di Indonesia meningkat drastis hampir 14 kali lipat. Berarti selama rentang waktu itu, sedikitnya 1 juta akun Facebook Indonesia baru setiap bulannya.

Dalam situs alexa.com, berdasarkan rata-rata pengunjung situs setiap bulannya di Indonesia, Facebook menempati urutan pertama yang paling sering dikunjungi. Ini berarti Facebook merupakan situs jejaring sosial yang memiliki intensitas pengunjung yang paling tinggi dibandingkan situs jejaring sosial lainnya.

Jumlah pengguna Facebook di Indonesia ini menjadi peluang yang besar bagi pemasar untuk melakukan strategi pemasaran digital di dunia internet. Ini merupakan pangsa pasar yang sangat besar dan detil karena setiap pengguna Facebook memberikan data pribadinya secara detil. Dengan begitu, strategi pemasaran yang dilakukan dapat lebih efektif dengan adanya data-data pengguna Facebook tersebut.

Adanya jejaring sosial Facebook ini, menjadikan pemasar lebih mudah menerapkan strategi-strateginya karena Facebook menyediakan konten-konten khusus untuk pengiklanan dan koneksi kepada pengguan Facebook. Konten-konten ini dapat langsung dibaca oleh pengguna sehingga mereka dapat mengetahui informasi lebih cepat dan tepat waktu.

2. Bauran Pemasaran dalam Facebook

Potensi pasar yang sangat besar yang dimiliki situs jejaring sosial Facebook tersebut memerlukan bauran pemasaran yang sesuai kondisi pasar Facebook tersebut supaya dapat memasarkan produk dalam Facebook dengan efektif dan efisien. Adapun bauran pemasaran yang dapat digunakan antara lain sebagai berikut.

1. Produk (product)

Produk-produk yang dapat dipasarkan dalam Facebook dapat berupa barang dan jasa, properti, tempat, pengalaman, event, informasi, organisasi, ide, dan orang. Semua produk dapat dipasarkan dalam Facebook. Hal ini disebabkan karena internet bersifat fleksibel dan terbuka untuk apapun. Namun, kelemahan produk yang dipasarkan dalam Fcaebook ini adalah produk tidak dapat dilihat langsung, pengguna Faecbook hanya dapat melihatnya dari layar monitor.

2. Tempat (Place)

Tempat untuk memasarkan produk sangat sederhana sekali, yaitu di situs Facebook itu sendiri. Pengguna Facebook dapat mengetahui dengan sangat cepat mengenai produk-produk yang dipasarkan sehingga lebih efektif untuk dilihat oleh banyak pengunjung. Tempat ini tentu saja dapat menghemat biaya lebih efisien karena tidak memerlukan tempat yang nyata untuk menampilkan produk.

3. Harga (Price)

Harga produk yang ditawarkan dalam Facebook tentu saja dapat lebih murah. Hal ini disebabkan karena kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk tempat, banyak promosi dan biaya-biaya pemasaran lainnya. Namun, harga produk yang ditawarakan dalam Facebook ini dipengaruhi oleh biaya pengiriman produk kepada penerima.

4. Promosi (Promotion)

Promosi yang dilakukan pemasar dalam memasarkan produknya di Facebook lebih sederhana dan sangat efektif. Pemasar hanya perlu menjelaskan produknya secara terperinci agar calon pembeli. Yang terpenting dalam promosi dalam Facebook adalah data kontak pemasar yang jelas supaya calon pembeli dapat percaya dengan pemasar tersebut. Hal ini disebabkan karena perdagangan online membutuhkan kepercayaan yang tinggi antara satu sama lain.

3. Implementasi Bauran Pemasaran Facebook

Bauran pemasaran dalam Facebook perlu diimplementasi dengan efektif supaya bauran pemasaran tersebut dapat mencapai tujuan pemasarannya dalam Facebook tersebut. Implentasi dari bauran pemasaran dalam Facebook antara lain sebagai berikut.

1. Perjelas Profil Pemasar dan Produk

Ini adalah hal yang paling penting dalam pemasaran di Facebook. Kepercayaan pengguna Facebook terhadap produk yang dipasarkan bergantung pada profil pemasar yang lengkap dan jujur. Selain itu, profil produk harus lengkap dan sesuai dengan spesifikasinya. Seperti yang telah dijelaskan bahwa dalam perdagangan internet, kepercayaan memiliki peran terpenting. Itu perlu dibangun dengan profil yang jelas dan menarik.

2. Memperluas Jaringan Teman

Jaringan teman harus terus diperluas dan diperbanyak sehingga pangsa pasar yang dimiliki juga akan semakin luas. Dengan demikian, produk akan dilihat oleh banyak pengunjung.

3. Menggunakan Facebook Lexicon

Inilah alat riset keyword di facebook. Facebook Lexicon menghitung jumlah munculnya kata-kata dan frasa-frasa di dinding dari waktu ke waktu. Screenshotnya seperti bisa anda lihat bagaimana statistik kemunculan kata kunci happy birthday di facebook. Dengan mengetahui kata-kata kunci yang sering muncul tersebut, anda bisa gunakan kata kunci atau keywords tersebut untuk kepentingan bisnis internet anda di Facebook.

4. Membuat Grup atau Fun Page

Membuat grup atau fun page ini bertujuan produk yang dipasarkan memiliki halaman tersendiri. Hal ini dimaksudkan agar pemasar dapat terus memperbaharui produk-produknya dan tidak mengganggu akun Facebook pemasar sendiri. Dengan adanya grup atau fun page ini, pengguan Facebook/ pelanggan dapat fokus terhadap produk-produk yang ditawarkan di dalamnya.

5. Memahami Urutan Hasil Pencarian dalam Facebook

Saat di Facebook, dan anda memasukkan suatu kata di kotak search atau pencarian, berikutnya akan muncul hasilnya. Nah, biasanya yang muncul di urutan paling atas adalah page, lalu grup, baru application, dan yang paling terakhir sendiri adalah posting dari teman-teman anda.
Oleh karena itu, tadi saya sangat tekankan agar anda punya page atau group di Facebook. Namun begitu, selepas dibuat jangan ditinggalkan begitu saja. Selain anda terus mengajak orang untuk bergabung dengan grup/page yang anda buat, juga isi grup/page tersebut. Rawat grup/page tersebut karena itu termasuk aset anda.

6. Membagikan link situs dan blog pemasar

Membagikan link situs dan blog pemasar ini bertujuan pengguna Facebook dapat melihat produk-produk lain yang ditawarkan pemasar. Jadi, pembagian link ini juga dapat berfungsi sebagai portofolio produk yang saling berhubungan.

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More